Makalah biosintesis karbohidrat

Enzim itu sendiri akan mengalami fosforilasi dan gugus fosfo akan mengambil bagian di dalam reaksi reversible yang intermediatnya adalah glukosa 1,6-bifosfat glukosa 1,6-bisfosfat b ertindak sebagai koenzim. Arah lintasan metabolisme ditentukan oleh suatu senyawa yang disebut sebagai hormondan dipercepatkan oleh senyawa organik yang disebut sebagai enzim.

Proses penguraian zat dapat berupa respirasi sel dan fermentasi sel. Untuk mengetahui reaksi metabolisme lemak. Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa dalam proses metabolisme ada dua proses yaitu proses pembentukan dan penguraian.

Akhimya berbagai jenis karbohidrat diubah menjadi glukosa sebelum diikut sertakan dalam proses metabolisme. Awal reaksi dari glikogenesis yaitu reaksi pembentukan glukosa yang dikatalis oleh enzim heksokinase atau enzim glukokinase dan reaksinya bersifat irreversible.

Cahaya akan melewati lapisan epidermis tanpa warna dan yang transparan, menuju mesofil, tempat terjadinya sebagian besar proses fotosintesis. Penyimpanan glukosa dalam tubuh terjadi pada hati, otot, dan tulang dalam bentuk glikogen.

Hasil fotosintesis disebut fotosintat biasanya dikirim ke jaringan-jaringan terdekat terlebih dahulu. Berbeda dengan reaksi pembentukan glikogen, reaksi ini tidak melibatkan UDP-glukosa, dan enzimnya adalah glikogen fosforilase. Dalam reaksi terang, terjadi konversi energi cahaya menjadi energi kimia dan menghasilkan oksigen O2.

Dari kantung empedu lemak akan bergabung dengan bile yang merupakan senyawa yang penting untuk proses pencernaan pada usus kecil. Penguraian dan pembentukan glukosa Proses penguraian glukosa menjadi piruvat, alkohol, laktat, atau CO2 dan air dapat berlangsung melalui beberapa jalan metabolisme, tergantung dari keadaan lingkungan, keadaan dalam sel, atau macam jasadnya.

Di hati, glukosa 6-fosfat yang dihasilkan dari penguraian glikogen dihidolisis menjadi glukosa oleh glukosa 6-fosfatase, suatu enzim yang hanya terdapat di hati dan ginjal.

Proses tersebut ialah proses penguraian makanan yang dikonsumsi oleh semua mahluk hidup. Bila sebuah granum disayat maka akan dijumpai beberapa komponen seperti proteinklorofil a, klorofil b, karetonoiddan lipid.

Sedang enzim yang mengkatalisnya adalah glukokinase. Glukoneogenesis berlangsung pada keadaan tubuh yang sedang mengalami kekurangan glukosa untuk memenuhi enegri yang diperlukan oleh tubuh, misalnya dalam keadaan kelaparan.

Fotosintesis merupakan suatu proses dimana terjadi proses pengolahan energi yang diperoleh dari sinar matahari dan juga karbon dioksida CO2 menjadi senyawa kimia organik.

Proses fermentasi terjadi karena tidak adanya oksigen atau kandungan oksigen yang kurang memadai untuk melakukan proses katabolisme. Sumber karbon yang dipakai dalam proses ini tidak khusus.

Juryati, S. Proses metabolisme karbohidrat adalah meliputi: Glikogenesis terutama terjadi pada hepar dan otot. Gugus-gugus fungsi itulah yang menentukan sifat senyawa tersebut. Oleh karena ituharimau memerlukan energi yang diperoleh dari proses penguraian zat — zat makanan. Membantu metabolisme lemak dan protein dengan demikian dapat mencegah terjadinya ketosis dan pemecahan protein yang berlebihan.

Perombakan anaerobik tanpa udara, dank arena itu tanpa oksigen glukosa ini disebut glikolisis. Dalam tubuh manusia dan hewan, senyawa ini merupakan cadangan energi dan tersimpan didalam sel sebagai glikogen.

Inulin ; zat ini banyak terdapat pada sel akar tumbuhan tertentu, polosakarida ini tergolong fruktosa yang dihidrolisis menghasilkan fruktosa. Sellulosa banyak terdapat pada dinding sel tumbuhan tinggi yang berfungsi sebagai pelindung sel Lipida dapat di ekstraksi dari jaringan sel hewan maupun tumbuham memalui pelarut lemak.

Stress merupakan stimulus yang dikirimkan ke otak dan kemudian otak akan mengirimkan sinyal ke tubuh untuk meningkatkan nafsu makan. Amfibolisme persimpangan Reaksi ini memiliki lebih dari satu fungsi dan terdapat pada persimpangan metabolisme sehingga bekerja sebagai penghubung antara reaksi anabolisme dan reaksi katabolisme.

Berikut ini reaksi glikolisis secara lengkap: Masing-masing jenis cahaya berbeda pengaruhnya terhadap fotosintesis. Pembentukan micelles akan melarutkan lemak yang selanjutnya memungkinkan lemak tersebut di absorbsi melalui sel epitel usus halus.

Makalah Metabolisme Karbohidrat, Lemak dan Protein

Apa yang dimaksud dengan metabolisme? Hampir setiap reaksi yang berlangsung in vivo, di katalis oleh enzim. Metabolisme merupakan suatu proses pembentukan atau pengurain zat di dalam sel yang di sertai dengan adanya perubahan energi.

Kimball, W, John. Pada proses reaksi gelap tidak dibutuhkan cahaya matahari. Metabolisme intermediet ini mencakup bidang luas yang tidak hanya proses metabolik yang dialami oleh masing-masing molekul saja, tetapi juga interelasi dan mekanisme yang mengatur arus metabolit untuk dapat melewati proses-proses atau tahapan-tahapan tersebut.Biosintesis Karbohidrat Karbohidrat merupakan komponen utama dalam suatu makanan yang merupakan sumber energi yang utama bagi setiap organisme hidup.

Dalam sel-sel tubuh, karbohidrat mengalami berbagai proses robadarocker.com: Desly Nha. makalah karbohidrat KATA PENGANTAR Puji dan syukur kami lantunkan kehadirat Allah SWT yang mana berkat nikmat dan karunia-NYA lah kami masih bisa diberikan kesehatan sampai detik ini.

makalah metabolisme karbohidrat Setelah proses penyerapan melalui dinding usus halus, sebagian besar monosakarida dibawa oleh aliran darah ke hati. Di dalam hati, monosakarida mengalami proses sintesi menghasilkan glikogen, oksidasi menjadi CO 2 dan H 2 O, atau dilepaskan untuk dibawa dengan aliran darah ke bagian tubuh yang memerlukannya.

· Demikianlah materi tentang Makalah Metabolisme Karbohidrat, Lemak dan Protein yang sempat kami berikan. semoga materi yang kami berikan dan jangan lupa juga untuk menyimak materi seputar Makalah Sistem Basis Data yang telah kami posting sebelumnya. Semoga dapat membantu menambah wawasan anda semikian dan terimah kasih.

MAKALAH METABOLISME KARBOHIDRAT

Dalam makalah ini kami mencoba menguraikan satu dari sekian materi pada Silabus mata kuliah Biokimia yakni tentang ”Metabolisme robadarocker.com: KAMARUDDIN. Sebagian besar karbohidrat makanan berbentuk glukosa, galaktosa, dan fruktosa.

Setelah dicerna dalam saluran pencernaan gula tersebut diserap dan ditransfer ke hati melalui sistem portal. Pada hati, galaktosa dan fruktosa segera diubah menjadi glukosa. Untuk kemudian didistribusikan melalui sirkulasi darah ke jaringan-jaringan yang memerlukannya dalam bentuk glukosa darah.

Makalah biosintesis karbohidrat
Rated 5/5 based on 15 review